Minggu, 23 November 2014
Pengumuman

PUSAT INFORMASI BIPR

Tingkatkan Kesadaran Masyarakat Akan Penataan Ruang, BIPR Kolaborasikan Pagelaran Seni Budaya dan Nilai Penataan Ruang

Senin, 03 November 2014 17:17

budaya lokal bondres iii.1Denpasar - Pelestarian kearifan lokal dan pengelolaan kawasan pusaka yang tertuang dalam Undang-Undang Nomor 26 Tahun 2007 tentang Penataan Ruang melindungi, menjamin bahkan mengembangkan kearifan lokal dan kawasan pusaka. Penataan ruang memiliki peran penting sebagai instrumen untuk menjaga kelestarian kearifan lokal. Hal tersebut disampaikan oleh Lina Marlia, Sekretaris Direktorat Jenderal Penataan Ruang, Direktorat Jenderal Penataan Ruang, Kementerian Pekerjaan Umum pada sambutan pembukaan Pergelaran Seni Budaya Lokal Bidang Penataan Ruang yang diselenggarakan oleh Balai Informasi Penataan Ruang (BIPR) di Lapangan I Gusti Made Ngurah (Lapangan Puputan Badung) Denpasar, Sabtu (1/10).
“Kekayaan dan keragaman warisan budaya dengan karakternya yang unik serta melekat pada masing-masing wilayah memiliki kontribusi penting dalam pelestarian lingkungan dan pengembangan ekonomi dan nilai-nilai sosial wilayah di Indonesia, serta memiliki peran signifikan dalam pembentukan identitas/jati diri wilayah”, ungkap Lina.
Kepala BIPR, Taufan Madiasworo selaku ketua penyelenggara acara pergelaran seni budaya, menyatakan bahwa pergelaran seni budaya lokal ini merupakan salah satu media efektif untuk menyampaikan pesan penting peran penataan ruang kepada masyarakat. Seni budaya berupa pementasan drama tari topeng (bondres) dipilih karena selain dekat dengan masyarakat yang disampaikan memiliki pesan etika, moral, dan sarat informasi sangat sesuai dalam menyampaikan nilai penataan ruang kepada masyarakat.
“Diharapkan melalui pergelaran ini masyarakat dapat lebih memahami dan lebih berperan dalam menjaga ruang guna mewujudkan ruang yang aman, nyaman, produktif dan berkelanjutan sekaligus turut andil melestarikan seni budaya lokal sebagai aset dan identitas bangsa” tambah Taufan.
Lina menambahkan bahwa permasalahan penataan ruang yang kompleks tidak dapat diselesaikan tanpa adanya sinergi yang baik antara Pemerintah, pemerintah daerah, pelaku dunia usaha dan masyarakat. Dalam sambutannya, Lina mengajak seluruh masyarakat tanpa membedakan gender untuk berperan lebih aktif dalam penataan ruang. Lina juga mengajak masyarakat untuk dapat menjadikan BIPR yang berlokasi di Werdhapura sebagai rumah untuk belajar, beriterasi, berkonsultasi dan mendapatkan pencerahan tentang penataan ruang.budaya lokal bondres iii.2
Melalui pegelaran seni budaya lokal dengan tema “Pelestarian Kearifan Lokal dalam Perspektif Penataan Ruang”, BIPR berupaya memadukan nilai-nilai kearifan lokal Bali yang berdasar pada falsafah Tri Hita Karana  (tiga penyebab kebahagiaan utama/tiga penyebab kesejahteraan jasmani dan rohani) yang didasarkan pada keselarasan hubungan antara parahyangan (manusia dengan Tuhan), pawongan (manusia dengan manusia) dan palemahan (manusia dengan alam sekitar) dengan nilai-nilai pelestarian lingkungan dalam perspektif penataan ruang.
Dengan mengangkat cerita mengenai fenomena tekanan arus investasi di Bali yang berdampak pada alih fungsi lahan, BIPR melalui pergelaran seni bondres mengajak seluruh lapisan masyarakat yang dianalogikan oleh masing-masing lakon yang beragam dalam drama tari bondres untuk lebih memahami dan kemudian berperan aktif dalam penataan ruang.
Pergelaran ini merupakan pergelaran seni ketiga setelah penyelenggaraan pergelaran pada Pameran Pembangunan Provinsi Bali di Taman Budaya Bali, Art Center, Denpasar 15 Agustus dan 16 Agustus lalu. Hadir dalam pergelaran ini Kepala SKPD Provinsi Bali, Wakil Kepala Penggerak PKK Kota Denpasar, Para Kelihan Banjar di lingkungan Kota Denpasar, nxxfc Praktisi dari Ikatan Arsitektur Indonesia Provinsi Bali, kalangan akademisi, mahasiswa dan pelajar serta semua lapisan masyarakat kota Denpasar.

 

Menteri PU: Pembangunan Infrastruktur ke-PU-an Harus Berdasarkan Penataan Ruang

Rabu, 15 Oktober 2014 16:57

menteri pu pembangunan infrastruktur ke-pu-an harus berdasarkan penataan ruang1Denpasar - Pentingnya penataan ruang sebagai acuan bagi pembangunan infrastruktur khususnya bidang ke-PU-an. Hal ini disampaikan Djoko Kirmanto, Menteri Pekerjaan Umum, pada acara Rapat Kerja Kementerian Pekerjaan Umum Tahun 2014 di Werdhapura, Denpasar (14/10).

 

 

Selengkapnya...
 

Pentaskan Budaya Lokal, BIPR Tanamkan Peran Penting Penataan Ruang

Senin, 18 Agustus 2014 06:15

pentaskan-buday-loka1lDenpasarBalai Informasi Penataan Ruang (BIPR)  menyelenggarakan pergelaran Seni Budaya Lokal khas Bali selama dua hari pada tanggal 15 dan 16 Agustus 2014 di Taman Budaya (Art Center), Denpasar, Bali bertemakan penataan ruang. Pergelaran ini mengangkat kesenian bondres dan wayang kulit sebagai media penyampaian dan penyebarluasan informasi penataan ruang. Staf Ahli Menteri Pekerjaan Umum Bidang Hubungan Antar Lembaga, Ruchyat Deni Djaka Permana dalam sambutannya pada pembukaan pergelaran seni budaya, Jumat (15/9) [...]

Selengkapnya...
 

Menteri PU : Program Pembangunan Harus Berdasar Pada Penataan Ruang

Senin, 24 Maret 2014 18:34

program-pembangunan-harus-berdasar-pada-penataan-ruang1Denpasar - Pentingnya penataan ruang sebagai acuan dalam pembangunan semakin mengemuka dalam Rapat Konsultasi Regional (Konreg) 2014 Kementerian Pekerjaan Umum (PU) pada hari Sabtu (22/03) di Werdhapura, Bali. Hal ini seperti yang disampaikan oleh Menteri PU, Djoko Kirmanto bahwa pembangunan infrastruktur jalan-jembatan,[...]

Selengkapnya...
 

Halaman 1 dari 32

<< Mulai < Sebelumnya 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Selanjutnya > Akhir >>

Pusat Pelatihan

Instansi Terkait