Selasa, 02 September 2014
Pengumuman

Tertib Pengelolaan BMN Untuk Capai Laporan Berkualitas

Kamis, 14 Juni 2012 17:20

bmn_photo_1

Denpasar Guna mencapai laporan pengelolaan BMN (Barang Milik Negara) yang berkualitas, harus memiliki ke 3 point penting, yakni tertib administrasi, tertib fisik dan tertib hukum”, pernyataan ini disampaikan dalam Sambutan Pembukaan Sesditjen Penataan Ruang,  yang diwakili oleh Kabag Umum, Eddi Suprabowo SH., M.Si pada acara Pembinaan Pelaporan Barang Milik Negara (BMN) dan Persediaan Di Lingkungan Direktorat Jenderal Penataan Ruang di Werdhapura Village Center, Bali (14/6).

Pembinaan Pelaporan BMN dan Persediaan merupakan bagian dari persiapan penyusunan laporan BMN Direktorat Jenderal Penataan Ruang Semester I Tahun Anggaran 2012 yang  berkualitas dengan berlandaskan pada aturan perundang-udangan yang berlaku sebagaimana terdapat dalam Peraturan Pemerintah Nomor 6 tahun 2006 dan perubahannya, yaitu Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2008 serta peraturan turunan lainnya.

Mohamad Akyas selaku narasumber dari KPKNL, Kementerian Keuangan memberikan apresasi kepada Kementerian PU sebagai Kementerian yang memiliki Peraturan dalam mendelegasikan wewenang pengelolaan BMN yang dituangkan dalam Peraturan Kementerian Pekerjaan Umum No. 2 tahun 2009 tentang Pedoman Pelaksanaan Penetapan Status Penggunaan, Pemanfaatan, Penghapusan dan Pemindahtanganan BMN di Lingkungan Departemen Kementerian Pekerjaan Umum. “Tidak semua Kementerian/Lembaga memiliki peraturan semacam ini”, tegas Akyas.bmn_photo_2

Melalui pembinaan ini, diharapkan pemahaman para petugas dalam menyusun laporan BMN dapat meningkat, yang pada akhirnya akan meningkatkan kualitas pelaporan BMN dan persediaan Satuan Kerja Direktorat Jenderal Penataan Ruang.

Hadir dalam acara pembinaan ini, para petugas pengelola BMN yang berasal dari 7 (tujuh) Satker Pusat dan 26 Satker Dekon/TP Bidang Penataan Ruang di Lingkungan Direktorat Jenderal Penataan Ruang, Kementerian Pekerjaan Umum. (aga/drp)

Instansi Terkait